Monday, June 16, 2014

11 Perawatan dan Tips Atasi Pleci Mabung agar cepat pulih

Perawatan dan Tips Atasi Pleci Mabung agar cepat pulih, Halo kicau mania yang suka dengan hobi memelihara dan merawat burung, kali ini ane akan memberikan beberapa tips ala master yang bisa anda gunakan untuk senjata atau menagani saat burung kesayangan anda mengalami masalah mabung ini. Memang fase mabung ini akan sering atau pasti dialamai oleh semua burung untuk menganti bulu2nya agar nampak lebih indah dan kondisiinya makin sehat. tapi jangan salah ya penanga yang kurang tepat bisa menjadikan burung kesayangan anda menjadi kurang performanya. oke sebiaknya anda simak informasi dibawah ini agar ada mendapatkan info yang komplit tentang burung pleci yang sedang mengalami mabung serta penanganannya.

burung pleci


Perawatan dan Tips Atasi Pleci Mabung agar cepat pulih
MABUNG
Ganti bulu ada 2 nama
1. moulting yaitu penggantian bulu trotol menjai bulu biasa
2. Mabung yaitu siklus penggantian bulu setelah moulting

Ciri ciri burung akan mengalami ganti bulu moluting atw mabung
1. burung akan menjadi banyak minum
2. burung menjadi malas berkicau
3. ada bulu yg jatuh atw lepas baik itu bulu halus atw bulu besar
4. burung terlihat sedikit giras
5. burung terkadang takut saat melihat atw mendengar suara burung lain
6. burung lebih banyak diam atw nyekukruk
7. burung menjadi malas mandi
8. jika burung mandi badannya akan menggigil seperti kedinginan
9. burung kehilangan semangat tempurnya

fase 1. burung merontokkan bulu
burung full krodong tempatkan burung pada tempat yg terang pada fase ini lebih baik burung tidak dijemur burung jangan dimandikan jika memandikan lebih baik mandikan burung dng air yg membantu proses perontokan bulu sarana yg membantu proses perontokan bulu
1. voer ayam 511, voer ini dipercaya mampu membantu proses perontokan bulu pada burung
2. voer yg dicampur kuning telur bebek, sarana ini baik sekali untuk membantu proses perontokan bulu  tetapi pemberian sarana ini pada burung yg berbody kecil ( burung pleci, ciblek, prenjak, sulingan, decu & dll) musti diperhatikan takarannya karma apabila berlebihan bisa berakibat kematian pada burung tersebut
3. air kelapa yg sudah tua, burung bias dimandikan dengan sarana ini
4. air daun sirih, fungsinya sama dengan air kelapa
5. air shampo rasa hangat atw panas pada air shampoo bisa membantu pelepasan bulu halus pada burung
6. Extra fooding yg bersifat memberi panas pada tubuh burung

Mabung paksa
Mabung paksa adalah sarana yg biasa dipakai para pemilik burung apabila terjadi masalah pada bulu burung, seperti kutu, parasit atw jamur bisa juga pada burung yg bulunya banyak patah krna proses penjinakan Metode yg biasa dilakukan sebagai berikut :
Menyemprot burung dengan air shampoo clear atw sampo burung Bahkan sebagian pengepul burung menyemprot burung dng sabun sunligt atw rinso Setelah penyemprotan burung dikrodong lalu jemur dalam krodong Pada perlakuakn yg seperti ini burung jadi stress tapi tidak mengapa yg penting bulu ambrol, masalah stress bisa diatasi nanti yg penting burung bisa terlihat mulus nantinya Biasa dalam waktu 1 atw 2 minggu bulu burung ambrol semua Yg perlu diketahui apabila ada kutu atw parasit, jamur pada burung Setelah melakukan penyemprotan pada burung Rendam krodong dng shampoo burung selama 3 atw 4 jam Semprot sangkar dng shampoo burung hingga bersih Lakukan penjemuran krodong & sangkar pada terik matahari secara langsung

Fase 2. proses penumbuhan bulu
Pada fase ini burung sudah bisa dimandikan dengan air biasa pengkrodong kurang berpengaruh pada masa ini burung sudah bisa dimasteri jemur burung 15 menit perhari serta tinggkatkan penjemura pada hari hari berikutnya pemberian Extra Fooding bisa diperbanyak krna pada masa ini burung memerluka nutrisi & protein yg lebih vitamin & kalsium atwpun mineral sangat membantu burung untuk memulihkan setamina serta rekondisi kesehatan burung setelah masa perontokan

Fase 3. masa pemulihan & rekondisi stamina & mental burung
masa ini biasanya berlangsung selama 3 bulan setelah burung mengalami masa kelar mabung, yang dimaksud maksud masa kelar mabung ada dimana bulu burung sudah tumbuh semua pada masa ini burung sudah bisa diprogram dengan rawatan yg sudah ada ketika burung sebelum mabung biasanya pada masa ini burung menjadi gemuk akibat pemberian EF yg berlebihan ketika burung mengalami masa mabung perawatan yg dilakukan pada masa ini ialah
1. mengembalikan burung pada pola perawatan sebelum mabung
2. memberi pelatihan serta treadment dng cara mengumbar burung
3. selama masa ini (3bln) burung jng diadu atw ditrek
4. berikan suplemen atw vitamin sebagai sarana penunjang untuk memulihkan stamina, kesehatan, kerajinan bunyi & mental burung vitamin yg raj@ nganggur gunakan disini adalah Vita Orange karma Vita Orange bisa memulihkan serta merekondisi stamina, kesehatan & mental serta kerajinan burung dalam berkicau

Fase 4.Extra Fooding saat mabung
Banyak terjadi perselisihan tentang perlu tidaknya EF pada saat burung sedang mabung Berikut sedikit ulasannya
1. bagi burung yg sudah dipelihara dari trotol atw lama lebih baik diberikan EF guna menunjang keberhasilan mabung
2. bagi burung yg masih giras atw MH yg sedang dalam proses penjinakan lebih baik tidak diberikan EF agar proses penjinakan berhasil, masalah mabung akan berhasil dng sendirinya

Penggangu Proses Mabung
1. Penyakit – Penyakit yang disebabkan virus circovirus (Beak and Feather Disease) dan virus polyoma adalah penyakit paling umum yang menyebabkan burung kesulitan memproduksi bulu. Psittacosis kronis, gangguan parasit dan infeksi bakteri pada usus dapat pula menyebabkan bulu burung sulit tumbuh.
2. Gizi buruk – Sebagaimana digambarkan di atas, persyaratan untuk berlangsungnya produksi bulu secara normal memang sangat banyak, dan karenanya makanan yang kurang gizi bisa
3. menyebabkan tumbuhnya bulu yang tidak berkualitas (mudah patah, mudah kusam, melintir/ keriting dan sebagainya).
4. Kimiawi – penggunaan bahan kimiawi sering menyebabkan bulu tumbuh tidak sempurna atau bahkan merusak bulu. Salah satu contohnya adalah zat pembasmi cacing pada merpati yang dikenal sebagai Mebendazole. Bahan kimia ini akan menyebabkan bulu burung melintir jika diberikan semasa burung mabung.
5. Stres – Hal ini terjadi terutama untuk burung yang disuapi/loloh dengan tangan manusia. Tangan manusia menyebabkan bulu baru tidak bisa berkembang sempurna dan sebagainya.



Tanda-tanda sebelum mabung di luar waktunya
Sebelum mabung di luar waktunya, ada beberapa tanda atau perilaku yang bisa kita kenali. Dengan demikian, kita bisa segera menyiapkan perawatannya. Berikut ini beberapa perilaku di mana pleci bakal mabung di luar waktunya :
a.     Pleci sering mengembangkan bulu-bulunya.
b.    Pleci terlihat lebih gemuk, sehingga penampilan / bentuknya agak berbeda.
c.    Adanya bulu-bulu halus yang mulai berjatuhan.
d.    Tumbuh rambut-rambut putih (seperti uban), biasanya muncul pada daerah sekitar leher dan di bagian atas kepalanya.
Apabila tanda-tanda di atas mulai terlihat, maka Anda perlu mempersiapkan beberapa hal terakit dengan perawatan burung mabung, terutama extra fooding, buah-buahan, vitamin, dan air bersih.

Perawatan pleci mabung di luar waktunya
Berikut ini beberapa perawatan khusus yang bisa dilakukan agar pleci bisa menjalani mabungnya dengan nyaman, meski itu terjadi di luar siklus mabung yang normal:
1.    Berikan buah-buahan manis yang segar seperti pepaya, semangka, juga sayuran seperti oyong. Perbanyak pemberian buah pepaya, karena buah pepaya sangat mudah dicerna sehingga melancarkan proses metabolisme tubuh burung. Disamping itu buah Pepaya banyak mengandung banyak vitamin C yang akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh burung.
2.    Selalu cek ketersediaan air bersih sebagai air minumnya.
3.    Sangkar dikerodong separo secara bertahap, dan setiap 4-5 hari kain kerodong diangkat sedikit demi sedikit, sehingga akan terbuka semua begitu masa mabungnya rampung.
4.    Pleci tetap dimandikan, karena akan membantunya melewati masa mabung dengan lancar, bahkan bisa membantu melancarkan proses peluruhan bulu serta membantu mempecepat tumbuhnya bulu-bulu baru. Memandikan pleci menggunakan air beras juga bisa membantu proses mabungnya, sehingga bulu baru akan tumbuh lebih indah dan sehat.  Biarkan burung apabila mandi sesuai keinginannya dan jemur maksimal 15 menit/hari.
5.    Selama masa mabung, pleci perlu mendapat asupan multivitamin seperti BirdVit agar kondisinya tidak terlalu drop.
6.    Bisa juga menggunakan paket BirdMolt-Pre (BM-Pre) dan BirdMolt-Post (BM-Post), yang bukan sekadar mengandung aneka vitamin, tapi juga aneka mineral dan zat lain untuk membantu merontokkan  bulu (BM-Pre) dan mempercepat tumbuhnya bulu baru secara normal dan sehat (BM-Post).
7.    Tetap berikan nektar buatan, baik menggunakan gula merah, gula putih, atau madu.
8.    Serangga seperti ulat hongkong berwarna putih, atau ulat kandang, bisa diberikan sebagaimana hari-hari sebelum mabung. Demikian pula dengan kroto dan jangkrik.
9.    Usahakan burung dijauhkan dari suasana bising atau sering dilalui orang. Sebaiknaya dikrodong
10.    Hindari mempertemukan burung dengan burung sejenis, karena akan membuat proses mabung menjadi terganggu. Dampak dari ini adalah ketidak seimbangan hormon pada tubuh burung. Proses mabung juga berhubungan dengan hormon reproduksi.
11.    Lakukan proses pemasteran, karena masa mabung membuat burung lebih banyak pada kondisi diam dan mendengar. Inilah saat yang tepat untuk mengisi variasi suara sesuai dengan yang kita inginkan. Lakukan pemasteran dengan tepat, sesuaikan karakter dan tipe suara burung dengan suara burung master.


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan terkait dengan info menganai Perawatan dan Tips Atasi Pleci Mabung agar cepat pulihSemoga dengan menjalankan beberapa tips burung mabung di atas , seharusnya dalam waktu tidak terlalu lama kisaran 1,5 bulan pleci kesayangan anda akan rampung mabung tanpa banyak gangguan. Bulu-bulu barunya akan lebih indah, bersinar dan kuat, dan akan berimbas pada peningkatan performa suaranya.

No comments:

Post a Comment